26
Nov
13

Proses keseharian yang membentuk Ugly

Ugly adalah sesuatu yang tidak enak dipandang mata, sedangkan persepsi (kata yang dipilih) adalah proses stimulus yang diterima oleh panca indera dan diproses otak kemudian diinterpretasikan.

Membahas ugly bisa jadi terkait dengan estetis. Apa itu estetis?

Estetis adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Terdapat berbagai macam estetis tergantung pada konteksnya, sehingga hal itu mengacu juga untuk yang bagaimana yang disebut sebagai ugly.

Sesuatu yang memiliki aturan (order) seperti proporsi, golden section, grid, dan sebagainya sering dikatakan sebagai sesuatu yang bersifat IDEAL. Padahal itu aturan siapa? Intinya, suatu aturan tentang estetis baik dari barat maupun dari Indonesia sendiri akan menjadi acuan pada konteks setempat untuk mencapai suatu kondisi yang ideal.

Selama ini orang mendambakan dan membuat aturan untuk mencapai kesempurnaan atau kondisi ideal, namun, sering kali kondisi ideal itu tidak tercapai pada keseharian kita. Walupun begitu orang-orang akan tetap mencoba mencapai parameter ideal tersebut karena estetis itulah yang biasanya memiliki aturan.

Sedangkan dalam hal ugly, biasanya parameter ugly itu tidak ada, yang ada adalah parameter estetis yang menjadi salah satu pandangan orang untuk mencapai kondisi ideal, Ketika kondisi ideal itu menurun maka akan muncul UGLY. Maka, bisa jadi juga Ugly akan terjadi secara tidak diatur, dan itu dapat dilihat pada kejadian sehari-hari kita.

Cukup banyak aturan yang terasa dilanggar, akhirnya terjadilah hal yang tidak terwujud secara estetis. Salah satu contohnya seperti penempatan sesuatu pada posisi yang tidak seharusnya. Hal-hal tersebut sangat banyak terjadi pada keseharian kita. Maka dari itu, kami mencoba mengambil contoh gambar ruang yang ugly berdasarkan sesuatu yang tidak teratur (pada tempatnya) yang terjadi di keseharian kita.

Ruang Kerja yang Berantakan
Ruang Kerja yang Berantakan

Cucian piring yang menumpuk (terlihat tidak rapi) dan tempat tidur yang berantakan
Cucian Piring yang Menumpuk dan Tempat Tidur yang Berantakan

Kondisi Studio yang Penuh Barang
Kondisi Studio yang Penuh Barang

Banyak terdapat barang-barang yang tidak sesuai tempatnya. Kondisi tersebut terjadi secara tidak direncanakan dan diperlukan waktu tertentu untuk mencapai kondisi tersebut (suatu proses).

Annisa Dienfitriah – Mu’awinatus Syar’iyah – Nurul Septianti


0 Responses to “Proses keseharian yang membentuk Ugly”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: