27
Nov
13

Out of Context | Ugly

Ugliness Design: Igloo pada daerah tropis

Ugliness design kami artikan sebagai desain yang tidak disukai dan hadir akibat ketidaksesuaian konteks maupun pengalaman yang nantinya dihadirkan didalam ruang tersebut. Dari sekian banyak pilihan tema, kami memilih tema konteks wilayah dengan spesifikasi cuaca/iklim.

Konsep yang kami ambil adalah menghadirkan “igloo” di daerah tropis yang sebenarnya dibuat untuk menghangatkan diri di daerah kutub.

[Skenario] Kami memiliki klien yang menginginkan sebuah ruang dengan fungsi untuk bersantai di tempat terbuka, namun bisa terhindar dari kebisingan yang ada di sekitar. Sebisa mungkin desain yang kami buat memiliki first impression yang kuat untuk menarik minat pengunjung, namun pada akhirnya pengunjung justru merasakan ketidaknyamanan ketika sudah lama berada di dalam ruang tersebut.

Bentuk ruang sengaja dibuat menyerupai igloo dengan diameter 3 meter dan tinggi 1,5 meter, muat menampung 1-2 orang. Bentuk tersebut dipilih untuk nantinya berfungsi menyekap udara yang ada di dalam ruang sehingga ruang menjadi panas dan akhirnya pengguna merasakan ugliness karena “kecatatan” desain yang tidak kontekstual dengan iklim di Indonesia. Untuk menarik perhatian pengunjung, ruang sengaja dibuat transparan dengan material plastik bening dan rangka tipis, agar dapat mengajak pengunjung datang dan masuk, dimana didalamnya disediakan sebuah chusion untuk menghadirkan kesan cozy.

 

FARADIKA AYU | STELLA AJENG | YOHANA P. F. S.


0 Responses to “Out of Context | Ugly”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: