11
Dec
13

Ugly & Ugliness Dari Segi Tampak

Ade Amelia
Ana Fitriyani
Destiana Ritaningsih
Indah Amalia Hasan

Keyword yang diambil oleh kelompok kami adalah tampak. Yang kami maksud sebagai tampak adalah sesuatu yang langsung dapat kita nilai ketika kita melihatnya. Tampak ini lebih kepada hal yang terdapat pada permukaan, sesuatu pada “first layer”, yang didapatkan sebsgai kesan pertama.

Untuk memudahkan dalam merancang ruang, kami memilih satu anggota grup kami sebagai klien. Kami membuat rincian hal-hal yang menurutnya ugly, yaitu sebagai berikut

– Sesuatu yang secara susunan (untuk benda, furniture, dan lainnya) tidak enak dipandang, tidak tertata sesuai kategori (misalnya), serta ada yang bentuknya aneh.

– Bukaan untuk pencahayaan dan penghawaan kurang memadai (misalkan sebuah ruang tanpa jendela)

– Secara warna, ada warna-warna yang bertabrakan/ kontras (misalnya pertemuan warna orange dan kuning), serta warna yang tidak disukai (pink).

– Mengingatkan akan sesuatu yang dibenci, misalnya hewan kodok.

Berdasarkan hal tersebut kami memutuskan untuk mengambil 3 unsur yang membuat klien memiliki ekspektasi akan sesuatu yang “ugly”. Yang pertama adalah “bentuk” yang abstrak, sehingga ketika “tersusun” secara tidak teratur akan menimbulkan sesuatu yang kurang nyaman bagi klien. Selain itu, kami memanfaatkan persepsinya tentang sesuatu yang klien benci, misalkan kodok. Sesuatu yang menggelikan menurut klien kami diabstraksikan menjadi ruang dengan bentuk dan tatanan yang tidak nyaman/ tidak diprogram dengan baik.

Lendir sebagai sesuatu yang nampak begitu menjijikan bagi klien kami sehingga kami fokus untuk menjelajah lendir tersebut sebagai kualitas ruang yang mengganggu pada saat klien merasakan pengalaman ruangnya. Kami mencoba membuat maket yang diipenuhi lendir-lendir sebagai media yang diharapkan akan menimbulkan kesan tidak nyaman dan keterbatasan dalam gerak. Percobaan aplikasi ugly terhadap pengalaman ruang yang disimulasikan pada maket kami menerangkan bahwa dengan ketidaknyamanan yang hadir sebagai lilitan lilitan dari lendir tersebut. Ugly di sini hadir dari sebuah tampak yang kemudian dampaknya tidak hanya sampai pada nampaknya, tapi juga pengalaman ruang yang menyulitkan posisi klien sebagai korban dari ruang tersebut.

deskripsi ugly

Eksplorasi

3D Model Making Process


0 Responses to “Ugly & Ugliness Dari Segi Tampak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: